img_5193

Demi mengembangkan pola pembelajaran berbasis teknologi dibidang pendidikan dan pengajaran para guru bahasa Inggris di Povinsi Lampung. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Bandar Lampung (UBL) menggelar General Lecture on Technology Teacher Training bersama Director Of Studies At April Fund, Warsaw, Poland, Anna Oniszk-Popławska, Ph.D. di Auditorium Gedung Pascasarjana, Kampus Dra. Hj. Sri Hayati Barusman, pada Kamis (6-10) lalu.

Antusias kuliah umum ini terlihat dari para peserta kalangan FKIP UBL seperti Dekan FKIP Susanto Saman, SS., M.A., Ph.D., Sekprodi Pendidikan Bahasa Inggris Dameria Magdalena S., S.Pd., M. Hum., para dosen hingga 112 mahasiswa FKIP UBL.

Turut pula para peserta dari kalangan undangan umum, seperti 23 guru kelas dan guru kursus bahasa Inggris yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Inggris Kota Bandar Lampung dan para dosen hingga mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris dari kampus lain seperti Universitas Lampung (Unila) dan IBI Darmajaya.

Wakil Rektor Bidang Administrasi UBL, Drs. Harpain, M.A.T., M.M., menerangkan adanya kuliah umum dengan pakar internasional masih terkait pelaksanaan Program Pengenalan Kampus (PPK) Tahap I, FKIP UBL, Minggu (2/10/2016) lalu.

“Kuliah umum ini menekankan pada pentransferan nilai-nilai budaya UBL, salah satunya belajar dengan berbagi ilmu pengetahuan berorientasi dunia (learning with knowledge sharing global oriented),” Ucapnya.

Harpain menambahkan lagi, adanya pembicara tingkat dunia ini, diharapkan penyelenggaraan pendidikan Bahasa Inggris di Provinsi Lampung, khususnya di Kota Bandar Lampung tidak lagi berbasis ceramah, konvensional, monoton dan kurang variatif. “Fungsi pemateri untuk membagikan cerita, ilmu pengetahuan, pengalaman terkait penggunaan dan pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran pendidikan Bahasa Inggris,” Imbuhnya.

Dekan FKIP UBL Susanto, SS., M.A., Ph.D. melengkapi dengan adanya kuliah umum ini para peserta diharapkan bisa memiliki pengalaman baru tentunya dengan dukungan faktor kemajuan di bidang teknologi ditandai penggunaan media sosial melalui komputer, internet dan aplikasi teknologi penunjang lainnya. Intinya membuka cakrawala, memahami konteks dan menyadarkan teknologi penting dalam implementasi dan praktek tiap aspek pendidikan.

“Diharapkan dengan kuliah umum tak hanya dapat meningkatkan kualitas, kreatif, inovatif dan variasi pembelajaran dengan aplikatif gadget di smartphone, tidak hanya untuk berkomunikasi tetapi lebih digunakan guna mengakses (praktek) teknologi dan internet terkait materi pembelajaran Bahasa Inggris dengan manfaat yang besar melalui akses sosial,” Jelasnya.

Sedangkan, Panitia Kuliah Umum Technology Teacher Training FKIP UBL, Berry Salatar, S.Pd., menambahkan hadirnya Anna Popławska karena praktisi yang memiliki yayasan dibidang pendidikan ini telah mengembangkan yayasan pendidikannya dengan metode pembelajaran berbasis teknologi. Kemudian Berry menambahkan hadirnya para tamu undangan ini sangat bermanfaat untuk membuka cakrawala wawasan pengetahuan sehingga dapat menerapkan pola pengajaran baru. (Rep. BMHK/Ed. AX)

iklan