ubl1Keinginan Universitas Bandar Lampung (UBL) untuk meningkatkan taraf pendidikan tinggi di Provinsi Lampung dan Sumatera telah menandakan keseriusannya dalam hal pengelolaan dunia pendidikan tinggi. Selama hampir 44 tahun, UBL telah memiliki 6 Fakultas dan 12 Program Studi Strata 1 (S1) hingga 4 Program Studi Strata 2 (S2). Kini, UBL bersiap untuk mendirikan 2 Program Studi Doktor (S3) di bidang ilmu Manajemen dan Hukum.

Hal ini ditegaskan Ketua Yayasan Administrasi Lampung (YAL) Dr. Andala Rama Putra Barusman, S.E., MA.Ec. yang mengatakan bahwa UBL bakal mewujudkannya pembukaan 2 Program Studi di jenjang S3. Hal ini dilakukan sebagai upaya menjawab tantangan dunia pendidikan tinggi global mendatang. Pembukaan program studi jenjang S3 akan menjadikan UBL sebagai perintis jenjang studi Doktor di lingkup Perguruan Tinggi Swasta (PTS) Provinsi Lampung.

“Sebenarnya itikad ini sudah dirancang lama setelah melewati pasang surut selama 44 tahun (berdiri), kiprah (S3)nya akan kita wujudkan. Paling memungkinkan, dikedua magister itu (MM dan MH). Jadi bagi yang ingin terus lanjut S3 tidak perlu (lanjut kuliah) jauh-jauh lagi. Cukup di UBL, kampus ini selalu berkomitmen memberikan kualitas dan pelayanan terbaik,” Ucapnya.

Andala menganggap UBL perlu membuka PPs S3 karena karena lulusannya banyak, dan keterbutuhan dilapangan kerja sangat dibutuhkan. Andala menambahkan penerimaan dibuka untuk umum tetapi diprioritaskan bagi lulusan PPs Magister UBL. Selain bakal dibuka S3, Andala juga mengungkapkan keinginan UBL untuk membuka fakultas dan program studi (prodi) lainnya di jenjang S1 dan S2.

“Masuk UBL tidak mudah. Kita utamakan input hingga output berkualitas. Berkat proses (seleksi penerimaan) yang baik. Mereka (mahasiswa) disini merasakan manfaat, dan kebanggaan tersendiri . Proses ini diakui dalam penilaian indeks perguruan tinggi BAN-PT Kemenristekdikti 2016. Menempatkan UBL, kampus 143 terbesar dari 3200 perguruan tinggi se-Indonesia,” Tegasnya.

Rektor UBL Dr. Ir. M. Yusuf. S. Barusman, M.B.A., menambahkan PPS UBL coba menawarkan alternatif baru guna melanjutkan pendidikan tinggi. Bakal direalisasikannya Prodi S3 akan melengkapi prestasi UBL lainnya. Selain 6 fakultas dan 12 program studi S1 hingga 4 program studi S2 sudah terakreditasi dari BAN-PT.

Direktur PPs UBL, Dr.Ir. Agus Wahyudi, M.S., menyambut bakal direalisasikannya dua prodi S3 di UBL. Agus menganggap kampusnya layak membuka S3 karena dari ketersediaan SDM dosen memiliki 50 orang lebih lulusan doktoral. Tak hanya itu, dalam 10 tahun terakhir, dari segi implementasi Tri dharma Perguruan Tinggi hingga lulusan PPs UBL terjadi peningkatan mutu, kualitas, kuantitas, kapasitas, kapabilitas maupun kompetensi secara masif dan komperehensif.

“Bekal ini menjadi potensi unggul UBL menuju universitas kelas dunia. Tentu dilalui dengan membuka S3. Langkah ini juga didukung Koordinator Koordinator Kopertis Wilayah II (Prof. Dr. Slamet Widodo, MS.,M.M.). UBL dianggapnya satu diantara PTS yang konsisten mengembangkan pola manajemen dan pembelajaran yang tertata rapih disegala segi,” Pungkasnya. (Rep. BMHK/Ed. AX)

iklan