air-bersih

Indonesia sudah memasuki tahap darurat bencana pada masa seperti sekarang ini. Penggunaan sumber daya alam yang sudah diambang batas wajar telah merusak kelangsungan kehidupan dari SDA tersebut. Salah satu sumber daya yang terancam ini ialah air. Siapa yang tak membutuhkan air di masa sekarang? Manusia pun tidak bisah hidup tanpa setetes air.

Tidak ada yang bisa menyangka Perusahaan Internasional P&G mampu menemukan sebuah inovasi yakni bubuk pemurni air yang siap dipakai. Bubuk ini mampu membuat sebuah air yang siap dipakai dan dikonsumsi oleh manusia.

Bubuk P&G Purifier of Water mengandung dua bahan utama, yakni iron sulphate berupa 352 miligram feri klorida (ferric iron) dan klorin berupa kalsium hipoklorit (kaporit) dengan konsentrasi sebesar 0,546 persen. Bubuk dalam satu sachet seberat 4 gram ini dapat digunakan untuk air sebanyak 10 liter.

Mekanisme kerja dari kedua bubuk ini, Feri klorida akan bekerja untuk menarik kotoran-kotoran dalam air sedangkan kalsium hipoklorit berfungsi sebagai disinfektan air. Jadi kedua bubuk ini sangatlah mampu menjadi komponen-komponeen dalam pemurnian air. Penemuan ini pun sudah diakui oleh badan kesehatan dunia atau World Health Organization.

Kekurangan dari produk ini, masih belum dijual bebas dipasaran. Kenapa hal ini belum dilakukan? Dikarenakan penggunaan bubuk iniĀ  harus melalui berbagai pelatihan dan pendidikan. Produk ini akan tepat pada sasaran jika distribusinya melalui sebuah lembaga sosial masyarakat, jadi ketika kondisi darurat terjadi maka masyarakat pun sudah siap menghadapinya. Indonesia merupakan salah satu negara yang membutuhkannya. Di daerah terpencil banyak masyarakat harus berjalan sejauh puluhan kilometer untuk mendapatkan beberapa liter tetes air bersih.

iklan