Social network futuristic touchscreen
Sumber Illustrasi: english.inforpress.es

Komunikasi merupakan hal yang fundamental bagi kehidupan manusia. Setiap manusia yang hidup, pasti melakukan kegiatan komunikasi baik itu dalam bentuk verbal (kata/bahasa) ataupun nonverbal (isyarat/tindakan/simbol). Bisa dipersepsikan bahwa komunikasi adalah ruh-nya kehidupan. Pertanyaannya, sudahkah kita memanfaatkan potensi kemampuan komunikasi yang kita miliki dengan maksimal?

Fakta membuktikan bahwa banyak orang yang belum dapat memanfaatkan komunikasi. Sehingga banyak masalah di berbagai perusahaan, organisasi, dan berbagai aspek kehidupan lainnya yang dilatarbelakangi komunikasi yang kurang baik. Misalnya, perbedaan pendapat, kesalahpahaman suatu masalah, hingga masalah hubungan kekerabatan. Padahal jika komunikasi dapat diimplementasikan dengan baik, hal tersebut tidak akan terjadi. Justru komunikasi akan sangat membantu dalam meraih kesuksesan.

Kita dapat mengambil pelajaran dari banyak CEO yang berhasil memimpin perusahaannya berkat Leadership dengan dibarengi kemampuan berkomunikasi yang baik. Humas yang dapat mencitrakan instansinya secara positif kepada masyarakat, media yang dapat memberitakan hal-hal yang menarik dan objektif, hingga pada aspek-aspek keseharian dimana kita dapat melihat seorang warga yang dapat bergaul dengan baik dilingkungannya, atau hubungan antara orangtua dan anak berlangsung erat berkat komunikasi yang baik. Tentunya semua hal tersebut ditunjang oleh berbagai faktor, tetapi faktor komunikasi yang memegang peran sangat besar dalam menunjang pencapaian-pencapaian tersebut.

Bahkan ada sebuah hasil survei dari National Association of Colleges and Employer yang mengatakan bahwa kemampuan komunikasi sangat menentukan kesuksesan seseorang dalam berkarir, melebihi kecerdasan atau skill Oriented:

Jenis Kemampuan Nilai (1-5)
1 Kemampuan Berkomunikasi 4,7
2 Kejujuran / Integritas 4,7
3 Kemampuan Interpersonal 4,5
4 Beretika 4,5
5 Kemampuan Kerjasama 4,5
6 Kemampuan Analisis 4,4
7 Motivasi / Inisiatif 4,4
8 Kemampuan Beradaptasi 4,3
9 Kemampuan Komputer 4,2
10 Berorientasi Pada Detil 4,1
11 Kepemimpinan 4,0
12 Kemampuan Berorganisasi 4,0
13 Percaya Diri 3,9
14 Ramah 3,8
15 Sopan 3,8
16 Bijaksana 3,8
17 Indeks Prestasi (> 3,0) 3,7
18 Kreatif 3,6
19 Kemampuan Wira usaha 3,2
20 Humoris 3,2
Keterangan Nilai : 1 (tidak penting) , 5 (Sangat Penting)

 

Terbukti, komunikasi yang baik dapat menunjang kesuksesan dalam berbagai bidang dan aspek kehidupan, mulai dari keluarga, masyarakat, hingga karir dan hubungan relasi. Maka, mari sama-sama kita terus meningkatkan potensi kemampuan berkomunikasi yang kita miliki, tentunya hal tersebut harus juga selaras dengan peningkatan kualitas penguasaan bidang keahlian J. Lq

 

So, Lets take Action…….!!!!

Lebih lanjut: luqmanbayasut.com

 

 

 

 

iklan