Ketua Pelaksana Penanaman 1000 Bibit Mangrove di Pantai Ketapang, dibantu oleh warga setempat sedang bekerja sama menanam bibit mangrove. Sabtu 14/12/19
Ketua Pelaksana dan tim Penanaman 1000 Bibit Mangrove di Pantai Ketapang, dibantu oleh warga setempat sedang bekerja sama menanam bibit mangrove. Sabtu 14/12/19

Keadaan hutan mangrove di Lampung telah mengalami defortasi besar-besaran yang mayoritas terjadi karena pembukaan lahan untuk budidaya udang. Selain itu juga karena reklamasi pantai, pembangunan, dan juga pengelolaan pariwisata yang tidak tepat. Oleh sebab inilah HIMABI UBL berinisiatif untuk mengadakan pengabdian masyarakat di Pesisir Pantai Pesawaran, Desa Batu Menyan.

“Penanaman Mangrove Guna Ekowisata yang Unggul” menjadi take line yang diangkat HIMABI saat melalukan penanaman 1000 lebih bibit mangrove jenis rizophora sp di Pantai Ketapang. Kegiatan ini dilakukan demi mengurangi abrasi, mengurangi salinitas air sumur, mengcegah terjangan ombak yang tinggi dan terbentuknya ekosistem laut yang menjadi tempat hidup biota laut. Dengan adanya penanaman mangrove ini diharapkan pula dapat meningkatkan jumlah pengunjung di sektor pariwisata yang juga akan meningkatkan pendapatan warga sekitar pantai.

“kami dari HIMABI setelah penanaman ini berencana untuk mengkontrol kegiatan yang telah kami lakukan di hari ini, gitu. Supaya kita tau perkembangannya udah sampai mana untuk penanaman mangrove ini gitu” ujar Oski Andhi Yaksa selaku ketua pelaksana. (14/12/19)

Bibit-bibit mangrove ini didapatkan secara gratis dari desa Sidodadi yang memang telah ditetapkan sebagai lokasi resmi pemeliharaan bibit mangrove oleh pemerintah Lampung. Ketua Pelaksana kegiatan inipun berharap kedepannya dapat lebih meningkatkan kembali jumlah bibit mangrove yang ditanam.

“langkah awal HIMABI mengenai pengabdian masyarakat yang mendasari penanaman bibit mangrove, anggaplah kami ini merintis dan untuk angkatan 18 dan angkatan 19 nantinya ketika kepungurusan ini sudah enggak lagi ini bisa dilanjutin dan desa ini bisa dijadikan desa binaan” tambah Dion Ketua Umum HIMABI. (Rep. II)

iklan