IMG_0367

Demi mengeskplorasi kurikulum contextual learning dan membentuk jiwa kewirausahaan semasa menduduki bangku perkuliahan, 47 mahasiswa-mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Bandar Lampung (UBL) yang terdiri 27 mahasiswa Program Studi Ekonomi Manajemen dan 20 mahasiswa Program Studi Ekonomi Akuntansi mengadakan field trip ke perusahaan ternama di Provinsi Lampung, yaitu Batik Khas Lampung Gabovira dan El’s Coffee.

Field Trip kali ini turut dihadiri oleh Dekan FEB UBL Dr. Andala Rama Putra Barusman, S.E., MAEc., berserta Sekretaris Fakultas Khairudin, S.E., M.Si., Akt., Kepala Program Studi Ekonomi Manajemen Dr. Iskandar Ali Alam, S.E., M.M., Kepala Program Studi Ekonomi Akuntansi Aminah, S.E., M.S., Ak., Sekretaris Program Studi Ekonomi Manajemen Olivia Tjioner, SE., M.M., dan Ketua Program Pengembangan Eksekutif Hendri Dunan, S.E., M.M., berserta para dosen di lingkungan FEB UBL.

Andala Barusman mengungkapkan field trip ini merupakan bagian dari eksplorasi place based learning terdapat dalam contextual learning. Baginya, kedua jenis usaha ini merupakan instansi yang dibuat dengan produk, pemilik, tenagakerja dari Provinsi Lampung tetapi efek keberadaannya bisa dirasakan hingga lingkup nasional bahkan internasional. “Kedua bisnis ini mampu berdiri, bertahan bahkan berkembang berangkat dari serba serbi latar belakang yang dialami kedua pemiliknya. Hingga muncul ide kreatifitas dan bertujuan tidak hanya memajukan perekonomian pribadi tetapi juga masyarakat sekitar. Akhirnya mampu menonjolkan sisi sharing ekonomi dan keberadaannya bermanfaat bagi sesama,” Imbuhnya.

Andala menambahkan melalui field trip kali ini mahasiswa-mahasiswa dari FEB diharapkan mampu meneladani kiprah eksistensi tiap pemilik dalam memajukan kedua industrial tersebut terutama dalam membentuk para pengusaha muda. “Kita butuh keberadaan penguasaha kecil-menengah, kalian bisa mencontoh jejak mereka agar mendapat inspirasi melakukan hal sama. Terlebih langkah ini mengimplementasikan visi misi UBL To be world class entrepreneurial university yang diselaraskan dengan aplikasi terapan teknologi. Hal itu disesuaikan dengan perubahan dunia yang semua lini telah terintegrasi,” Terangnya.

Menyikapi adanya kunjungan fieldtrip, Pemilik UMKM Batik Khas Lampung CV Gabovira Sinar Gemilang, Gatot Kartiko, A.Md., menyebut maknanya cukup bagi bagi para mahasiswa. Langkah ini dapat memberikan contoh dan wawasan dari para pelaku usaha yang berhasil terutama setelah lulus nanti untuk tidak mencari pekerjaan tetapi mampu menciptakan lapangan pekerjaan. Sedangkan pemilik El’s Coffee Bandar Lampung, Elkana Arlen Riswan, B.Bus., mengungkapkan bahwa besar harapannya untuk mahasiswa-mahasiswa FEB UBL mempunyai jiwa kewirausahaan setelah mengunjungi tempat usahanya sehingga pertumbuhan ekonomi Provinsi Lampung dapat lebih maju. (Rep. BMHK/Ed. AX)

iklan