ponxixubl

Regenerasi para atlet yang mewakili Provinsi Lampung untuk berlaga di berbagai ajang kejuaraan telah menandakan suksesnya pembinaan atlet sejak dini. Pada kesempatan ini, atlet-atlet yang berasal dari kalangan mahasiswa termasuk atlet yang berasal dari Universitas Bandar Lampung (UBL) mendapatkan kesempatan untuk mewakili Provinsi Lampung di Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XIX, 2016 di Jawa Barat.

Pada PON XIX 2016 ini, UBL mengirimkan dua atlet Dream Team Basketball (BTB) Putri untuk mewakili Provinsi Lampung di kategori basketball 3 on 3. Atlet yang berkesempatan untuk mengikuti PON XIX 2016, yakni Dila Fadillah dan Ulfia Keningtyas.  Dila yang juga alumnus SMAN 9 Bandar Lampung cukup optimis menyambut keikutsertaannya di PON perdana tersebut. Sebelum PON XIX 2016 ini resmi dibuka, Dila bersama Ulfia sudah melakukan persiapan diri dengan sangat baik, seperti rutin melakukan latihan baik perindividu maupun kekompakan tim.

“Tim ini kan baru terbentuk, terlebih selain kami (perwakilan UBL) ada juga dari kampus lain, maupun para pelajar (SMA Sederajat). Jadi, kami ingin bentuk dulu chemistry antar kita ditim,” Ujarnya.

Pemusatan latihan dilakukan di GOR Saburai Bandar Lampung dengan jadwal latihan dalam sepekan selama dua bulan terakhir dilakukan setiap Selasa, Kamis, Jumat,hingga Minggu. Bahkan, Dila dan Ulfia juga melakukan latihan intensif di lapangan basket UBL, selepas kuliah.

“Kita juga dibimbing coach DTB, Kak Arif (Arif Khan). Selama 2-3 jam perhari dengan pengawasan penuh. Pada pertandingan nanti, peserta PON diajang basket 3 on 3 kelompok putri ini akan terdiri 10 tim dari 10 provinsi,” Ucapnya.

Ulfia menambahkan untuk basket 3 on 3 baru pertama kali dipertandingkan di ajang 4 tahunan ini tetapi untuk kejurnas secara full team sudah rutin dilakoni kedua atlet inti DTB UBL tersebut. Bahkan, hampir berhasil masuk tahap eksibisi di level nasional termasuk menempati runner-up setelah melewati babak seleksi pra-PON dari regional Sumatera, dibawah Sumatera Barat.

“Pokoknya setiap pertandingan kita hadapi dengan antusias, nggak ada beban sih. Kita malah termotivasi karena membawa nama Provinsi Lampung, dan kampus UBL lebih spesifiknya lagi. Memang berat tetapi kita harapkan bisa penuhi target Ketua Satlak PON dipencapaian 5 besar. Kami bertekad bisa meraih emas,” Jelasnya.

Sedangkan, Direktur DTB UBL Dr. Andala Rama Putra Barusman, S.E., MAEc mengungkapkan rasa bahagianya atas terpilihnya kedua atlet putri UBL dalam kontingen basket 3 on 3 Lampung di PON XIX 2016 Jawa Barat.

“Keterpilihan mereka sangat bagus banget. Melengkapi pencapaian tim putra (DTB) kita yang menjadi juara liga basket mahasiswa se-Lampung, kemarin. Kita akan mendukung mereka secara maksimal. Dukungan itu tidak hanya dari pemberian beasiswa prestasi non akademik. Jadi, kita harapkan mereka dapat bertanding secara baik agar mendapat hasil maksimal,” Pintanya.

Andala pun sangat optimis DTB UBL dapat menjadi brand mark keberhasilan UBL sebagai kampus yang mampu memberikan pola pembinaan prestasi olahraga yang diselaraskan dengan kesuksesan dibidang akademiknya. (Rep. BMHK/Ed. AX)

iklan