Ronny Purba

Prestasi tenaga penganjar asal Provinsi Lampung kembali menunjukan eksistensinya di dunia Internasional. Kali ini, prestasi tersebut berhasil diraih oleh Dosen Teknik Sipil Universitas Bandar Lampung (UBL), Ronny Hasudungan Purba, S.T., MSc.E., Ph.D. Prestasi yang diraih ini merupakan hasil kerjasama dengan Guru Besarnya di Departemen UB Sipil, Strukur dan Teknik Lingkungan University at Buffalo (UB) Amerika Serikat Prof. Michel Bruneau, Ph.D. Kategori pengahargaan ini pun diberikan langsung dari American Society of Civil Engineers (ASCE), yakni penghargaan dari Penelitian Raymond C. Reese, 2016.

Dalam kesempatan ini Pakar Ahli Struktur Bangunan Anti Gempa Internasional, Ronny Hasudungan Purba, S.T., MSc.E., Ph.D., menjelaskan peraih penghargaan ini merupakan akademisi maupun praktis teknik rekayasa struktural yang aplikasi karya-karyanya sudah diaplikasikan dan diakui dunia. “Sejak didirikan 1970, Hadiah Reese diberikan kepada mereka penulis dan periset yang menggambarkan pencapaian penting dalam penelitian mereka. Terutama berkaitan dengan penunjukan karya yang hasil (penelitian)nya mendapat rekomendasi untuk diterapkan dalam perancangan praktek maupun implementasi proyek teknik sipil,” Ucapnya.

Ronny menambahkan untuk materi makalah yang mendapatkan apresiasi di Penelitian Raymond C. Reese, 2016 merupakan hasil penelitian tentang potensi keruntuhan dan kinerja seismik dinding geser baja-piring dengan piring infill. “Kelebihannya, dari hasil penelitian, perancangan hingga penciptaan produknya dapat disesuai dengan dua strategi desain yang berbeda,” Ujarnya.

Dari aplikasi karya proyek keduanya yang dikembangkan 15 tahun terakhir ini ternyata mampu dikontribusikan dalam pengembangan dan validasi eksperimental skala besar. Mulai pengembangan berbagai energi, hingga meningkatkan ketahanan struktur terhadap kejadian ekstrem, seperti diafragma ulet jembatan, tubular frame eksentrik menguatkan, sekering struktural dan dikendalikan-goyang dermaga.

Tak hanya itu, hasil riset duet Ronny dan Michel telah juga diterbitkan dalam Rekomendasi kertas desain dalam edisi terbaru Jurnal Internasional bertajuk “Kinerja seismik dari Walls Shear Steel Plate Mengingat Dua Filosofi Desain Berbeda dari Pelat infill. II: Penilaian Collapse Potensi, Jurnal Rekayasa Struktural dalam edisi Juni 2015.

“Dalam jurnal itu dijelaskan evaluasi dan retrofit jembatan baja yang ada dan bangunan mengalami kekuatan-kekuatan destruktif besar hingga runtuh, serta pengembangan konsep desain baru yang mampu memberikan perlawanan yang memuaskan seismik, tahan ledakan, atau keduanya secara bersamaan sebagai konsep tahan multi-hazard. Puji Tuhan, karya kami ternyata banyak digunakan oleh para insinyur struktural dan dianggap sebagai referensi penting untuk desain seismik struktur baja di seluruh dunia,” Pungkasnya. (Rep. BMHK/Ed. AX)

iklan