PRESTASI INTERNASIONAL : Dosen FKIP Program Studi Bahasa Inggris UBL Deri Sis Nanda, S.S., MA.,Ph.D., meraih dua prestasi Internasional di India, belum lama ini. (Dok. Foto Susanto Saman/BMHK UBL).
PRESTASI INTERNASIONAL : Dosen FKIP Program Studi Bahasa Inggris UBL Deri Sis Nanda, S.S., MA.,Ph.D., meraih dua prestasi Internasional di India, belum lama ini. (Dok. Foto Susanto Saman/BMHK UBL).

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Bandar Lampung (UBL) kembali menorehkan prestasi internasional. Terbaru, salah satu dosen FKIP UBL Deri Sis Nanda, S.S., MA., Ph.D., meraih dua prestasi internasional di India. Pertama, dia dipercaya mengimplementasikan ilmu pengetahuan dan bidang kepakaran Ilmu Sastra Inggris dalam forum dunia yang berupa pendaulatan sebagai Dosen Penguji Disertasi Strata 3 (S3) Ilmu Sastra Inggris bagi para dosen Bahasa Inggris internasional di Acharya Nagarjuna University, India termasuk menghadiri 44th International Conference On Sino-Tibetan Languages and Linguistic yang diinisiasi Central Institute Of Indian Languages, Manasagangotri, India belum lama ini.

“Alhamdulillah, ini kepercayaan luar biasa dari sana. Ini tandanya tidak hanya saya, tapi UBL sudah dicap memiliki kapasitas, kapabilitas, mutu, kualitas dan kompetensi yang diakui internasional,” Ucapnya dalam rilis, Selasa (29/11/2016).

Deri mengaku, meskipun kali ini mendapat kepercayaan internasional tetapi dia sering juga mendapatkan kesempatan dipercaya menjadi Dosen Penguji Disertasi Ilmu Sastra Inggris ditingkat nasional. Deri Sis Nanda tercatat satu dari sebagian kecil Dosen Akademisi-Praktisi di klasifikasian keilmuannya sekarang. Berbekal cita-cita sebagai guru dan mencintai Bahasa Inggris, akhirnya menerjunkan diri memilih FKIP dan memilih penjurusan Pendidikan Bahasa Inggris.

“Alhamdulillah dalam perjalanan hidup maupun pengalaman (mengabdi)  di UBL. Saya menguasai kepakaran di bidang Ilmu Sastra Inggris. Dengan pengampu mata kuliah Introduction to Literature, Prose, hingga Drama berbahasa Inggris,”ucapnya lagi.

Pada kesempatan yang sama, Dekan FKIP UBL Susanto Saman, S.S., M.Hum., MA., Ph.D., mengaku dengan pencapaian prestasi dari salah satu dosen naungannya ini, menjadi kebanggaan bagi FKIP UBL karena mampu menerapkan kepakaran dosen yang diakui di tingkat internasional.

“Seperti yang kita ketahui bahwa India adalah negara yang banyak ahli sastra (Bahasa Inggris) yang berhasil meraih Nobel Prize. Hari ini, jalan itu telah dirintis Bu Deri. Tak hanya Bu Deri, sebelumnya dosen FKIP lain menunjukan prestasinya. Misal, Pak Helta (Anggia, SPd, MA), menyelesaikan program beasiswa internship di Brunei Darussalam dan Amerika. Kemudian Pak Yanuar (Dwi Prasetyo, SPdI, MA), sebentar lagi menyelesaikan program beasiswa S3 di Irlandia. Serta Pak Wayan, SPd, MA berhasil mendapatkan beasiswa S3 di Inggris. Belum lagi,tiga alumni kita mendapatkan beasiswa S2 (penuh) di India,” Pungkasnya. (Rep. BMHK/Ed. AX)

iklan