bu diane

Dosen Fakultas Hukum Universitas Bandar Lampung (UBL) bernama lengkap Dr. Zulfi Diane Zaini, S.H., M.H., ini merupakan penggagas Pusat Studi Hukum Perbankan (PSHP) UBL. Bermula dari minimnya pengetahuan masyarakat mengenai hukum perbankan, PSHP UBL ini didirikan untuk mengedukasi masyarakat agar lebih mengenal dunia perbankan.

“Pendirian PSHP ini didukung penuh UBL demi memberikan edukasi bagi masyarakat tentang manfaat menabung, manfaat fasilitas bank serta tentang pelindungan hukumnya,” ujar Diane, sapaan akrab Ketua PSHP UBL kelahiran Tanjungkarang, 15 Mei 1967 ini.

Dosen ahli Hukum Perbankan ini telah mengembangkan kiprah PSPH UBL dengan mengkaji pelaksanaan berbagai macam peraturan terkait kegiatan perbankan dalam praktik perbankan kesentralan serta menjadi mitra strategis lembaga-lembaga keuangan maupun asosiasi atau perhimpunan perbankan dan ikatan profesi yang sejalan dengan tujuan pusat studi.

“Untuk memaksimalkan peran PSHP UBL, dirinya juga menggandeng berbagai lembaga terkait, seperti Bank Indonesia, Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD), Perbanas (Persatuan Perbankan Nasional), INI (Ikatan Notaris Indonesia), Dewan Syariah Nasional, serta Lembaga Penjamin Simpanan (LPS),” terang Direktur Z-Dee Consultant (Banking Corporate Business & Management), Bandar Lampung sejak tahun 2013 hingga sekarang.

Alumnus Program Doctor Universitas Padjadjaran Bandung ini mengampu mata kuliah antara lain Hukum Perbankan dan Metedologi Penulisan dan Penelitian Hukum (MPPH), Hukum Alternatif Penyelesaian Sengketa, Pengantar Hukum Bisnis, Hukum Dagang Internasional, dan Hukum Bisnis pada Program Sarjana UBL. Kemudian mengampu juga mata kuliah Sistem Badan Hukum dan Hukum Perdagangan Internasional pada Program Pascasarjana UBL.

Doctor Ahli Hukum Perbankan ini juga telah menerbitkan beberapa buku diantaranya buku berjudul “Independensi Bank Indonesia dan Penyelesaian Bank Bermasalah” yang diterbitkan Keni Media Bandung pada tahun 2012, Publikasi pada Buku Potret Hukum Kumpulan Pemikiran Menghormati 70 Tahun Prof. H. Rozali Abdullah, SH; Tulisan dengan judul : “Perspektif Bank Indonesia Sebagai Lembaga Independen Dalam Rangka Pembangunan Hukum Perbankan Nasional Di Indonesia” diterbitkan oleh Total Media Yogyakarta pada tahun 2012 dan buku berjudul “Aspek Hukum dan Fungsi Lembaga Penjamin Simpanan” olehPenerbitKeni Media Bandung pada tahun 2014.

Selain itu, beberapa hasil publikasi Jurnal Ilmiah miliknya antara lain, jurnal ilmiah Pranata Hukum berjudul “Integrasi Sistem Keuangan di Asia Timur dan Implikasinya Bagi Indonesia Terhadap Regulasi Perbankan” pada Jurnal Ilmu Hukum Universitas Bandar Lampung Vol.VII pada tahun 2012, publikasi pada buletin Hukum Perbankan Dan Kebanksentralan Volume 10 Nomor 3 Tahun 2013 yang diterbitkan oleh Bank Indonesia dengan judul “Implementasi Hukum Pembangunan Dalam Sistem Perbankan di Indonesia” diterbitkan oleh Bank Indonesia pada tahun 2012.

Selain itu, Dosen yang telah menjadi Mahasiswi teladan Unila pada tahun 1988 ini juga aktif sebagai pembicara atau narasumber pada seminar ilmiah, penataran dan pelatihan serta pemateri dalam kursus advokat.

iklan