IMG-20171216-WA0001

Kegiatan LKMTD BEM FISIP UBL tahun 2017 telah selesai diselenggarakan pada jumat (15/12) di Aula Gedung F Kampus Universitas Bandar Lampung. Pada kegiatan tersebut hal yang sangat ditekankan kepada para peserta yang semuanya merupakan mahasiswa/i adalah tentang Kepemimpinan. Pemateri dalam kegiatan tersebut juga merupakan pemimpim muda Raden Adipati Surya yang sekarang menjabat sebagai Bupati Way Kanan.

Kepemimpinan merupakan hal yang utama bagi seorang mahasiswa karena salah satu ciri mahasiswa adalah agent of change atau pembawa perubahan, untuk membawa perubahan para mahasiswa harus dapat menggerakan sekelompok individu yang mampu membantu mereka membawa suatu perubahan. Kepemimpinan adalah kemampuan yang mutlak yang harus dimiiki oleh seorang mahasiswa untuk mejadi agent of change. Lalu bagaimana kemampuan tersebut diasah atau didapat ?

Jiwa Kepemimpinan dapat lahir dari berbagai teori menurut Kartini Kartono dalam bukunya yang berjudul Pemimpin dan Kepemimpinan, menurut ia bahwa ada tiga teori seorang pemimpin dapat mendapatkan kemampuan memimpin, pertama teori genetik, teori yang paling dasar yang menyatakan bahwa seorang pemimpin dapat menjadi pemimpin karena sudah lahir memang siap menjadi seorang pemimpin. Kedua teori sosial, teori ini menyatakan bahwa pemimpin dapat lahir akibat dari perilakunya dan pendidikan yang ia tempuh sehingga siap menjadi seorang pemimpin. Terakhir adalah teori ekologi yang merupakan gabungan dari teori pertama dan kedua, dalam teori ini dinyatakan bahwa seorang pemimpin dapat lahir karena seorang individu sudah mendapatkan jiwa kepemimpinan ditambah dengan pendidikan dan pengalaman hidup.

Ketiga teori sudah dijelaskan oleh Kartono, tinggal kita sebagai mahasiswa mencocokkan dengan diri kita, kita harus menjadi seorang pemimpin karena nantinya setelah lulus dari almamater tercinta kita semua yang telah kita pelajari dan dapatkan akan ditunggu oleh masyarakat. Kesempatan yang sudah diberikan oleh masyrakat kepada kita dan harus kita bayar dengan menjadi seorang pemimpin yang dapat merubah situasi masyarakat ke arah yang lebih baik.

 

Denta Putra Utama

Ketua BEM FISIP UBL 2017-2018

iklan