Clover-Green-Clear

Clover atau yang dalam bahasa Indonesia kita sebut semanggi, merupakan tanaman liar yang biasa tumbuh di daerah yang dekat dengan perairan seperti pematang sawah, saluran irigasi, dan pinggiran sungai. Selain itu, clover juga bisa kita temui di pekarangan rumah yang dekat dengn aliran air Tanaman sejenis paku-pakuan ini memiliki bentuk seperti payung dengan tiga sampai empat helai daun tersusun berhadapan di setiap batangnya.
Daun semanggi yang memiliki empat helai biasa dikenal dengan nama Four Leaf Clover. Four Leaf Clover memiliki tingkat kelangkaan 1:10.000 dibandingkan dengan semanggi dengan jumlah daun tiga helai. Dikarenakan kelangkaannya tersebut, tanaman ini memiliki mitos sebagai pembawa keberuntungan bagi yang menemukannya. Hal ini dibuktikan dengan adanya sertifikat PVPA 1994 (Plant Variety Protection Act) yang menyatakan bahwa Four Leaf Clover merupakan legenda pembawa keberuntungan sehingga dilarang untuk mengembangbiakkan, menanam bibit, ataupun mengedarkannya tanpa persetujuan PVPA.
Selain itu, ada sebuah legenda yang mengatakan bahwa apabila seorang wanita menggantung Four Leaf Clover di depan pintu rumahnya dan ada pria yang datang ke rumah tersebut atas keinginan pria itu sendiri, maka pria tersebut dipercaya sebagai jodohnya dan akan menjadi suami wanita tersebut. Meskipun terdengar seperti bualan belaka, ini membuktikan bahwa Four Leaf Clover memang sudah terkenal sejak dahulu.

Khasiat-dan-Manfaat-Daun-Semanggi-Gunung-Bagi-Kesehatan
Di Indonesia sendiri, tanaman semanggi ini sudah mulai dibudidaya karena manfaatnya bagi kesehatan terutama jenis semanggi gunung. Tanaman dengan nama latin Hydrocotyle sibthorpioides Lam ini memiliki rasa yang manis dengan sedikit pedas dan sejuk dikarenakan daun semanggi ini memiliki kandungan coumarin dan hyperin. Kedua kandungan ini disebutkan mampu menjadi penetral racun dan mengobati beberapa macam penyakit seperti radang, bengkak, sebagai penurun panas maupun sebagai antibiotik alami. Semanggi gunung ini juga biasa dimanfaatkan sebagai obat untuk mengatasi sakit kuning dan pengecilan hati. Tanaman ini juga bisa dijadikan sebagai bahan makanan. Di Surabaya misalnya, semanggi biasa disajikan bersama bumbu kacang, terutama semanggi jenis M.crenata yang mengandung fiteosteron dan diketahui dapat mencegah osteoporosis.
Meskipun banyak mitos serta manfaat dan khasiat yang dimiliki tanaman ini, semanggi juga bisa menjadi tanaman yang cukup berbahaya. Semanggi sebagai tanaman bioremediasi mampu menyerap senyawa logam berat yang berbahaya apabila di konsumsi. Maka dari itu, pastikan semanggi yang kita konsumsi bukan berasal dari lahan yang tercemar logam berat tersebut. (OV)

 

Source:

kabarnesia.com
wikipedia.com
indonews.com

iklan