pasar

Sudah menjadi sebuah tradisi jika harga sembako melonjak naik saat ramadhan maupun menjelang Hari Raya Idul Fitri. Tak tanggung-tanggung harga cabe rawit pada hari biasa hanya Rp. 20.000;/kilogram menjadi seharga Rp. 40.000/kilogram saat bulan puasa. “kemarin (sebelum puasa) harganya 20 ribu, sekarang jadi 40 ribu” ujar Yani, salah satu pedagang cabai di pasar Natar-Lampung Selatan, Jum’at (19/6).

Bahan makanan lainnya juga mengalami kenaikan, seperti bawang merah, gula merah, telur dan kacang tanah. Bawang merah yang semula Rp.13000/kilo naik menjadi Rp.20.000/kilo, untuk gula merah, telur dan kacang tanah, kenaikannya mencapai Rp.2000/kilo.

Sugiarti yang juga salah satu pedagang pasar Natar menuturkan “ Untuk harga sayur-mayur dan daging belum mengalami kenaikan, tapi mendekati Hari Raya nanti kemungkinan akan mengalami kenaikan” Ujarnya.

Kelangkaan jumlah barang dan cuaca yang terus berubah-ubah serta meningkatnya permintaan konsumen membuat harga barang-barang tersebut menjadi naik. Harga barang-barang pokok dan bahan-bahan untuk membuat kue diperkirakan akan terus mengalami kenaikan mendekati Hari Raya Idul Fitri nanti. (DC)

 

iklan