1

Remaja merupakan tonggak generasi bangsa. Berlatar hal itu, Sabtu (22/3) PIK ( Pusat Informasi dan Konseling) Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Lampung melaksanakan pelantikan Mahasiswa Warda (Wahana edukasi remaja dan anak). Acara yang bertempat di Auditorium KH. Ahmad Dahlan Lt. 3 ini mensosialisasikan pentingnya GenRe (Gerakan Berencana) di kalangan remaja.

Drs. Ipin Z.A Husni, MPA Kepala Biro Perencanaan BKKN pusat mengungkapkan bahwa 46% remaja melakukan hubungan seks di luar nikah. Perlu adanya sosialisasi mengenai tata cara pergaulan yang efektif di kalangan remaja. Karena jika tonggak generasi muda hancur, maka hancurlah suatu negara.

Selain itu, Ipin juga memaparkan pentingnya bonus demografi bagi suatu negara. Bonus demografi merupakan keuntungan ekonomis yang disebabkan oleh menurunnya rasio ketergantungan sebagai hasil dari penurunan fertilitas jangka panjang.

Melalui demo bonus demografi,di paparkan jika jumlah penduduk usia produktif (15-64 tahun) meningkat tajam, tetapi penduduk usia <15 tahun lebih sedikit, maka negara tersebut dapat dikatakan memperoleh bonus demografi. Suatu negara yang memperoleh bonus demografi akan memperoleh kemakmuran. Salah satu contohnya, yakni Singapura dan Jepang. Meski wilayahnya sempit, kedua negara tersebut bisa menjamin kemakmuran warganya. Karena jumlah warga yang produktif lebih banyak.

Indonesia, sebagai negara berkembng sudah selayaknya menerapkan bonus demografi. Jumlah pemuda yang tergolong usia produktif harus lebih diberdayakan. (ER/Foto: RotasiFoto)

iklan