IMG-20191202-WA0002

Dalam aksi mendukung World Clean Up Day, BEM FKIP berikan gebrakan yang berbeda bagi prodi-prodi lainnya dengan mengadakan No Single Use Movement. Yaitu gerakan pengadaan galon isi ulang di FKIP UBL, sebagai gerakan keberlanjutan untuk mengurangi penggunaan plastik sekali pakai. Disahkan secara langsung Rabu, 27/11/19 oleh Dekan FKIP, Bapak Yanuar Dwi Prasetyo, S.Pd.I., M.A., Ph.D. di Gedung R.3 dengan dihadiri oleh seluruh mahasiswa FKIP.

Aksi mendukung pengurangan penggunaan plastik sekali pakai ini diharapkan dapat menyadarkan mahasiswa FKIP bahwa sampah plastik adalah ancaman jangka panjang tidak hanya bagi fakultas dan kampus, tetapi juga bagi bumi.

Gerakan ini bermula dari inisiatif Mas Aini selaku Presma BEM FKIP setelah mengikuti kegiatan World Clean Up Day pada 21 September 2019, menurutnya tidak akan cukup menanggulangi sampah plastik hanya dengan bersih-bersih sehari penuh meski dilakukan serentak sedunia. Dan tidak cukup pula jika hanya dalam bentuk daur ulang, tapi perlu adanya pengurangan jumlah sampah secara langsung.

Secara teknis untuk pengadaan galon dan dispenser awal disediakan oleh BEM FKIP, namun untuk pengisian galon selanjutnya akan membutuhkan kontribusi dari seluruh mahasiswa FKIP. Mahasiswa FKIP hanya perlu membawa botol tumbler untuk dapat mengakses galon isi ulang ini.

“semoga gerakan ini dapat dijalankan dengan baik oleh warga FKIP dan tidak menganggap gerakan ini hanya sebatas penghematan semat, karna tidak membeli air kemasan dari luar. Hal ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian, dan kesadaran akan ancaman jangka panjang terhadap bumi kita” tutup Aini. (II/ed. IR)

iklan