Plt. Presiden Mahasiswa dan Pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Bandar Lampung (UBL) bersama kedua narasumber Seminar Bersama Kawal Pemilu 2019, Komisioner KPU Provinsi Lampung, Erwan Bustami, S.H., M.H dan Pimpinan Bawaslu Provinsi Lampung, Iskardo P Panggar, S.H., M. H, Jumat (29/03/2019) di Aula Gedung F Lantai 3 Kampus A UBL. Foto : BMHK UBL
Plt. Presiden Mahasiswa, Dominius Desmantri Barus dan Pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Bandar Lampung (UBL) dengan kedua narasumber Seminar Bersama Kawal Pemilu 2019, Komisioner KPU Provinsi Lampung, Erwan Bustami, S.H., M.H dan Pimpinan Bawaslu Provinsi Lampung, Iskardo P Panggar, S.H., M. H, Jumat (29/03/2019) di Aula Gedung F Lantai 3 Kampus A UBL.
Foto : BMHK UBL

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Bandar Lampung (UBL) menyelenggarakan Seminar Bersama Kawal Pemilu bertema Pengawasan Masyarakat dan Peran Pemilih Pemula dalam Pemilu 2019, Jumat (29/03/2019) di Aula Gedung F Lantai 3 Kampus A UBL. Kegiatan ini dihadiri oleh Dekan FISIP UBL, Ketua Program Studi masing-masing, Dosen FISIP UBL, Mahasiswa UBL, juga Siswa dan Siswi dari SMA Negeri 3 Bandar Lampung.

Dekan FISIP UBL, Drs. Yadi Lustiadi., M.Si menuturkan bahwa kegiatan ini sangat berguna untuk bisa mengetahui bagaimana sebenarnya karakteristik, perilaku, dan harapan tentunya dari pemilih pemula sehingga di implementasi dengan tanggapan dan punya dasar yang berbeda dalam menentukan pilihan.

Sementara itu, Plt. Presiden Mahasiswa BEM FISIP UBL, Dominius Desmantri Barus menyampaikan bahwa tujuan diadakannya seminar ini agar mahasiswa Universitas Bandar Lampung, terutama pemilih pemula dapat memahami prosedur pemilihan dan menjadi pemilih yang cerdas.

“Generasi muda jangan sampai golput, pilih menurut hati nurani. Jangan sampai karena berbeda pandangan politik menjadi tidak akur. Jangan sampai menebar hoax dan lawan paham radikalisme di lingkungan kita”, sambung Domi.

Seminar Bersama Kawal Pemilu di moderatori oleh Esra Purba juga dua narasumber, yaitu Komisioner KPU Provinsi Lampung, Erwan Bustami, S.H., M.H dan Pimpinan Bawaslu Provinsi Lampung, Iskardo P Panggar, S.H., M. H.

“Dalam rangka menyongsong pelaksanaan Pemilu 2019, KPU mengapresiasi adanya seminar oleh BEM FISIP UBL sebagai bentuk partisipasi aktif seluruh masyarakat, termasuk mahasiswa dalam mensosialisasikan Pemilu 2019 secara masif, terstruktur, dan sistematis”, ujar Erwan.

Hal serupa juga diungkapkan oleh Iskardo yang meyakini bahwa kegiatan ini merupakan salah satu ikhtiar kita bersama untuk mewujudkan Pemilu 2019 yang tertib, lebih demokratis, dan lebih terstruktur.

“Tidak banyak mahasiswa yang punya pemikiran luar biasa seperti ini”, pungkas Iskardo. (***)

(Rep : BMHK UBL, Tim Rotasinews/ Ed : VK)

iklan