IMG20191126093726

BEM FISIP UBL bersama dengan Cafe Academia telah mengadakan Dialog Publik Jilid 2 di ruang terbuka gazebo kampus A. Dialog Publik yang mengusung tema Urgensi Hak-Hak Masyarakat Urbanisasi ini mengundang beberapa pemateri, yaitu Dr. Erlina B, SH, MH (Dekan Fakultas Hukum), Denta Putra Utama, S.AP (Pemuda Desa/Presma BEM FISIP UBL 2017-2018), Joko Sulistio, ST, MM (Pengamat Tata Ruang Kota Bandar Lampung), Dr. Suwaib Amiruddin, M.Si (Sosiolog UNTIRTA). Dan Razed Kendy selaku moderator sekaigus Direktur Cafe Academia.

Kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan semangat bagi pemuda-pemudi untuk mengembangkan potens-potensi yang ada di desa, agar tidak ada lagi urbanisasi dengan alasan kurangnya ketersedian lapangan pekerjaan di desa. Tingginya angka urbanisasi tanpa diimbangi dengan ketersediaan lapangan pekerjaan yang cukup hanya akan menambah tigkat pengangguran yang juga akan berpengaruh dengan tingkat kriminalitas.

Bapak Joko Sulistio mengatakan “peran dari pemerintah harus menyediakan fasilitas tata ruang, tata kota, dan juga ruang terbuka hijau, dan juga lapangan pekerjaan yang memadai, supaya kawasan kumuh yang sebagian besar masyarakatnya adalah masyarakat urbanisasi dapat segera diselesaikan,” selasa (26/11/19).

Kurangnya kesadaran dari kaum terpelajar untuk kembali mengabdi ke desanya pun dapat menjadi faktor ‘sepinya’ desa. Seperti penuturan Bang Denta “yang membuat para pemuda pemudi itu meninggalkan desa, adalah obsesi mereka ingin cepat kaya, mudah mendapatkan pekerjaan, dan ingin hidupnya layak dan sejahtera.” (II)

iklan