44300706

Bertengger di perbukitan yang menghadap ke Teluk Lampung, Bandar Lampung adalah ibu kota provinsi Lampung sekaligus kota terbesar di provinsi paling selatan Pulau Sumatera.

Bandar Lampung menjadi pusat penghubung dan pintu masuk ke Sumatera dari pulau Jawa. Sebagai pulau terbesar keempat di Sumatera, Bandar Lampung memainkan peranan penting dalam pengembangan dan kegiatan ekonomi di pulau Sumatera. Terletak sekitar 165 km barat laut Jakarta, Bandar Lampung adalah titik awal sebelum melakukan perjalanan ke Taman Nasional Way Kambas, Taman Nasional Bukit Barisan Selatan, sisa-sisa letusan Gunung Krakatau, dan atraksi lainnya yang banyak ditemukan di seluruh provinsi Lampung.

Menyebutnya sebagai pintu gerbang Sumatera tidaklah berlebihan. Posisi Bandar Lampung strategis karena dekat Pelabuhan Bakauheni dan Bandara Intenasional Raden Inten II di Lampung selatan, ini membuat kota ini menjadi titik pusat yang terjangkau baik oleh kapal maupun pesawat.

Dari arah selatan, Bandar Lampung merupakan kota besar pertama yang teletak di jalan raya antarprovinsi yang disebut Trans Sumatera. Jalan raya ini menuju ke arah utara dan barat Sumatera, meliputi total jarak sekitar 2.200 km. Perjalanan darat melalui jalan ini menawarkan kenikmatan dan pengalaman tersendiri, karena Anda akan menemukan beberapa pemandangan terbaik dan mengesankan.

Bandar Lampung adalah sebuah kota yang merupakan hasil penggabungan dari dua kota yang terpisah yaitu, Tanjung Karang yang merupakan daerah perbukitan dan Teluk Betung di pantai Teluk Lampung. Pada tahun 1990, dua kota ini bersama dengan daerah Panjang dijadikan kota terpadu.
Sejarah mencatat selama letusan Gunung Krakatau purba yang dahsyat tahun 1883, kota Teluk Betung luluh lantah. Letusan Gunung Krakatau ini memakan korban jiwa total 36.000, hampir setengah dari mereka adalah warga Teluk Betung. Untuk mengingat letusan dahsyat ini, sebuah monumen dibangun berupa rambu laut dari baja Pelabuhan Teluk Betung yang terhempas oleh gelombang Tsunami akibat letusan Gunung Krakatau. Monumen ini terletak di Jalan Veteran, menunjukkan  bagaimana kekuatan letusan Gunung Krakatau purba telah menghempaskan baja seberat setengah ton bisa terhempas jauh dari pantai.
Sebagai tujuan wisata, Bandar Lampung banyak menawarkan destinasi yang mengesankan, dari kemegahan alam, warisan budaya, sampai berbagai rekreasi. Di Teluk Lampung, 20 km sebelah selatan pusat kota, pengunjung bisa menikmati pantai yang tenang dan pasir putih lembut di Pantai Pasir Putih. Masih di daerahTeluk Betung, Taman Nasional Bumi Kedaton menawarkan suasana pedesaan dengan semilirnya angin dan suara aliran sungai yang menenangkan.

Apabila Anda yang ingin menjelajahi lebih banyak mengenai sejarah Lampung makaMuseum Sang Bumi Ruwa Jurai menyimpan koleksi dan warisan sejarah provinsi Lampung. Di Kampung Ulok Gading dan Kampung Kedamaian ada rumah-rumah tradisional Lampung, lengkap dengan semua perabotannya, benda pusaka, serta aksesoris tradisional lainnya

Sumber : indonesia.travel

Sumber Foto : Panoramio.com

iklan