matrikulasi

Pelaksanaan kegiatan Matrikulasi yang diikuti oleh 300 mahasiswa baru Program Pascasarjana (PPs) di Auditorium Kampus Dra. H. Sri Hayati Barusman pada Sabtu (17-9) lalu, telah menandakan dimulainya proses perkuliahan para mahasiswa baru Program Pascasarjana Universitas Bandar Lampung (UBL).

Para mahasiswa PPs UBL tahun akademik 2016/2017 terdiri dari Magister Manajemen (MM) angkatan 58, Magister Hukum (MH) angkatan 32, Magister Teknik (MT) angkatan 27 dan Magister Ilmu Administrasi (MIA) angkatan 6.

Kegiatan dibuka langsung Rektor UBL Dr. Ir. M. Yusuf. S. Barusman, M.B.A. Turut dihadiri Direktur PPs-UBL, Dr. Ir. Agus Wahyudi, M.Si., Ketua Yayasan Administrasi Lampung (YAL), Dr. Andala Rama Putra Barusman, S.E.,MA.Ec., Kaprodi, Sekprodi maupun para Dosen MM, MH, MT, dan MIA.

Yusuf mengucapkan selamat kepada para mahasiswa baru yang memilih melanjutkan kuliah ke PPs UBL. PPs UBL merupakan sebuah pilihan yang tepat bagi para maba untuk studi lanjut di jenjang Strata 2 (S2). “UBL menyelenggarakan PPs atas segi kualitas. Tentu disertai pengalaman pengelolaan pendidikan tinggi selama 44 tahun. Taraf ini masuk sudah masuk usia dewasa karena tidak banyak lembaga termasuk perguruan tinggi mampu bertahan (hidup) lebih 30 tahun. Termasuk menjaga eksistensi hingga terus tumbuh dan berkibar diranah nasional hingga internasional,” Ucapnya.

“Kami harap langkah ini juga didorong para maba PPs sebagai pionir perubahan dimasyarakat. UBL turut mendorong pengembangan SDM yang berdampak dipembangunan nasional,” Ucapnya.

Sedangkan, Direktur PPs-UBL, Dr. H. Agus Wahyudi, MS., menyebut Orientasi dan Martikulasi merupakan kegiatan penting yang memberikan dampak luar biasa bagi mahasiswa baru. “Kedua kegiatan ini ajang tatap muka sambil silatruhami tetapi juga menuntut ilmu sebagai hal yang mulia,” Imbuhnya.

Terkait regulasi PPs UBL, Agus Wahyudi menerangkan dalam 10 tahun terakhir, pihaknya terus berupaya meningkatkan proses KBM, penelitian, pengabdian masyarakat termasuk peningkatan mutu dosen dan infrastruktur secara masif. Hasilnya terlihat pada hasil akreditasi yang memuaskan.

“UBL sudah memiliki 50 dosen lebih bergelar Doktor (S3). UBL sangat potensial menjadi universitas kelas dunia. Kopertis wilayah II, Sumbagsel juga mengapresiasi UBL yang konsisten mengembangkan mutu, kualitas, kapasitas, kapabilitas dan kompetensinya dalam segala segi bidang,” Katanya.

Sedangkan, Ketua YAL, Andala Rama Putra Barusman menyebut orientasi dan matrikulasi di PPs UBL juga menjadi tanggung jawab YAL sebagai badan hukum pelaksana UBL termasuk dari kesediaan infrastruktur, peningkatan SDM dosen, perekrutan mahasiswa baru, hingga para dosen dengan kualifikasi baik tentunya dengan kajian dan kepakaran disiplin ilmu yang dibutuhkan.

“Sukses terlaksana kegiatan ini sebagai bentuk komitmen YAL bersama UBL memberikan kualitas terbaik dengan manajerial SDM dan pemberian pelayanan yang baik pula. Kami selalu konsisten membentuk SDM mahasiswa dan dosen dengan tata kelola profesional dan memenuhi persyaratan ditentukan. Hal ini juga diakui BAN-PT yang menilai akreditasi 4 prodi PPs UBL sangat baik,” Cetusnya. (Rep. BMHK/Ed. AX)

iklan