Roni

Atlet Silat bernama lengkap, Roni Semendawai, S.Kom., ini menyelesaikan studi Program Sarjananya di Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer Universitas Bandar Lampung (UBL) pada bulan Juni 2014 lalu dengan Program Beasiswa Prestasi Non Akademik yang diperolehnya sejak awal perkuliahan. Putra bungsu pasangan Darmawan Husin dan Sri Wasiati ini juga berhasil mendapatkan beasiswa yang sama pada Program Studi Magister Manajemen Pascasarjana UBL.

“Bagi saya, gelar sarjana tidak hanya dapat diraih dengan prestasi akademik saja, namun juga dapat diraih dengan prestasi non akademik seperti yang saya miliki. Program beasiswa dari UBL ini tentunya mampu memberikan motivasi tersendiri bagi saya untuk terus meningkatkan potensi non akademik ini,” ungkap pria yang saat ini bekerja di PT. Lautan Teduh Interniaga (Yamaha) pada Divisi Promosi sejak bulan September 2014.

Ditambahkan Roni, UBL menekankan sejak dini kepada para mahasiswanya bahwa beasiswa ini bukanlah hadiah melainkan sebuah tanggung jawab untuk meningkatkan kemampuan baik hardskill maupun softskill. Selain itu, fasilitas yang diberikan oleh kampus juga sangat menunjang bakat dan hobi yang dimiliki mahasiswanya. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya prestasi kejuaraan baik tingkat Nasional maupun Internasional yang diraih mahasiswa UBL.

“Program beasiswa UBL ini juga yang membentuk saya menjadi pribadi yang mandiri dan bertanggung jawab dalam segala hal,” akunya dengan bangga.

Alumni UBL kelahiran Pringsewu, 14 Februari 1992 ini memiliki banyak prestasi yang diraihnya sejak masih menjadi siswa di SMA Negeri 13 Bandar Lampung, antara lain Juara Kedua Pencak Silat O2SN Lampung pada tahun 2009, Juara Pertama Taekwondo tahun 2009, Juara Pertama Taekwondo Intern Harper Lampung selama 6 (enam) kaliberturut-turut tahun 2009, Atlet Taekwondo Terbaik Harper GSP Club Lampung tahun 2009, Juara Kedua Pencak Silat PorProv Lampung tahun 2010, dan Juara Pertama Pencak Silat PorProv Lampung tahun 2014 diraihnya saat masih duduk di semester akhir.

Selain itu, dirinya juga menjadi pelatih silat di SMA Tunas Harapan Bandar Lampung dan aktif dalam berbagai organisasi diantaranya Anggota Lemkari Lampung pada tahun 2008 hingga 2010, Anggota Seni Pernapasan Nur Illahi Indonesia pada tahun 2009 hingga 2013, Koordinator Olahraga Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Bandar Lampung pada tahun 2011 hingga 2012 dan masih aktif sebagai Anggota Hubungan Masyarakat di Perguruan Pencak Silat Satria Muda Indonesia hingga sekarang.

“Saya berharap, program beasiswa UBL ini dapat terus berkelanjutan sebagai sarana bagi para atlet maupun siswa berprestasi lainnya untuk memperoleh kesempatan menempuh pendidikan Sarjana maupun Pascasarjana dengan terus mengembangkan potensinya,” ujar Roni.

iklan