puasa-pantang

Ramadhan… Marhaban yaa Ramadhan. Akhirnya bulan penuh berkah ini datang juga, bulan yang ditunggu oleh umat muslim seluruh dunia. Alhamdulillah kita semua bisa bertemu kembali dibulan penuh berkah dan pengamunan ini. Bulan dimana pintu surga terbuka lebar dan pintu neraka yang ditutup rapat-rapat oleh Allah Swt.

Puasa di bulan Ramadhan wajib hukumnya bagi umat islam yang sehat lahir dan batin, karena puasa adalah sebuah ibadah kepadah Allah Swt dengan cara menahan diri dari makan, minum serta hawa nafsu. Seperti yang dikatan pada surat Al-Baqarah ayat 183 mengenai perintah puasa dibulan Ramadhan “ Hai orang-orang beriman diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa”.

Manusia tak pernah luput dari dosa, manusia juga tak pernah luput dari kata lupa. Pada awal-awal Ramadhan terkadang kita lupa bahwa hari ini sedang puasa. Dari kasus ini munculah sebuah pertanyaan, Ada orang yang lupa kalau dirinya sedang berpuasa kemudian makan dan minum pada siang hari bulan Ramadhan. Apakah orang yang seperti ini batal puasanya?.

Seorang yang sedang berpuasa baik pada bulan Ramadhan ataupun bulan yang lainnya, kemudian makan dan minum tanpa sadar maka puasanya tetap sah dan disarankan melanjutkan puasanya hingga berbuka,pernyataan ini diperkuat dengan beberapa dalil.

  1. Sabda Rasullah Saw “Siapa yang lupa sedang dia berpuasa, kemudian makan atau minum, hendaknya dia meneruskan puasanya. Karena sesungguhnya Allah-lah yang memberi makan dan minum.”(HR Bukhari dan Muslim).
  2. Sabda Rasullah Saw “ Siapa yang makan atau minum karena lupa maka hal itu tidak membatalkan puasa karena itu adalah rezeki yang diberikan Allah kepadanya” (Hadist Shahih, HR Tirmidz)
  3. Sabda Rasullah Saw “ Sesungguhnya Allah telah memaafkan dari umatku ini ketidaksengajaan, kelupaan, dan apa yang dipaksakan kepada mereaka” (Hadist Shahih, HR Ibnu Majah)

Setiap perbuatan pasti ada konsekuensi yang harus dipertanggung jawabakan, lalu apakah orang yang tak sengaja makan dan minum disaat puasa wajib mengqadha’ puasanya?

Rassullah Saw bersabda “ Barang siapa yang ifthar pada bulan Ramadhan karena lupa maka tidak ada (kewajiban) qadha’ baginya dan tidak juga kafarat” (HR. Hakim)

Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal, jadi kalau anda sengaja makan atau minum dibulan puasa hukumnya tetap saja batal ya. #Ramadhan

iklan