Penyerahan Sertifikat Kepada Dr. Susanto Saman oleh Prof.Dr.Tajudin Nur , Kepala Departemen Linguistik, FIB UNPAD) , Senin(3/12/18) , Foto : (SS)
Penyerahan Sertifikat Kepada Dr. Susanto Saman oleh Prof.Dr.Tajudin Nur (Kepala Departemen Linguistik, FIB UNPAD) , Senin(3/12/18) , Foto : (SS)

Dosen Universitas Bandar Lampung (UBL), yang merupakan ahli linguistik forensik, Dr. Susanto Saman menjadi pembicara dalam Kuliah Umum “Anatomi Bahasa dalam Linguistik Forensik” di Universitas Padjadjaran (UNPAD) di Kampus Jatinangor, Senin (3/12/2018).

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Departemen Linguistik, Fakultas Ilmu Budaya (FIB), dan dibuka langsung oleh Dr. Mumuh Muhsin Zakari, M.Hum, Wakil Dekan FIB UNPAD .

Selain sebagai dosen, Dr. Susanto juga menjabat sebagai Kepala Pusat Studi Linguistik UBL dan aktif sebagai Ketua Komunitas Linguistik Forensik Indonesia (KLFI). Dalam kuliah umumnya, dia menyampaikan sebuah konsep tentang bagaimana menganalisis dengan sistem anatomi bahasa untuk tujuan forensik.

“Saya membahas beberapa kasus hukum di luar dan dalam negeri. Dalam kasus-kasus hukum tersebut terdapat alat bukti kebahasaan baik secara tulis (surat tulisan) maupun lisan (rekaman suara) yang menjadi alat bukti kejahatan. Dan saya memperkenalkan konsep tentang sistem anatomi bahasa untuk analisis dalam linguistik forensiknya,” ujar Saksi Ahli Bahasa di Kepolisian ini.

Peserta yang turut hadir dalam kegiatan tersebut berjumlah lebih dari 200 orang terdiri dari mahasiswa (S1, S2, S3) dan juga para dosen. Kuliah umum dimoderatori oleh Dr. Eva Tuckyta.

(Rep:IR/Ed:SS)

iklan