Info-Seputar-Penyebab-bau-Mulut

Bau napas tak sedap seringkali membuat orang merasa tidak percaya diri dan bisa mengganggu kenyamanan orang sekitar, terutama orang yang diajak berbicara. Penyebab bau mulut bisa bermacam-macam mulai dari gigi yang berlubang, adanya penumpukan plak atau gangguan sistem pencernaan.

Bau mulut bisa diatasi dengan memerhatikan pola makan yang benar. Beberapa makanan diketahui bisa menghilangkan bau mulut secara alami, selama masalah yang menyebabkan aroma napas tak sedap itu bukan sesuatu yang kronis. Selain rajin kontrol ke dokter gigi enam bulan sekali, biasakan menerapkan pola makan ini agar terhindar dari bau mulut.

1. Keju atau Yoghurt
Mengonsumsi sedikit keju bisa menetralkan asam pada mulut setelah Anda makan berat. Asam yang terperangkap di dalam mulut merupakan salah satu penyebab bau mulut terlebih lagi jika yang dikonsumsi adalah makanan olahan pabrik. Keju atau yoghurt, mengandung bakteri yang bisa mengurangi kadar asam di dalam mulut tersebut. Setelah makan, kunyahlah sedikit keju atau yoghurt tanpa gula.

2. Sayur dan Buah Mentah
Sayuran dan buah-buahan mentah segar juga efektif melawan bau mulut. Makanan berserat dengan enzim pencernaan yang masih aktif membantu mencegah dan sedikit menghilangkan plak penyebab bau mulut. Sayur dan buah mentah juga bersifat basa yang bisa menetralisir asam di dalam mulut. Wortel, seledri, apel atau selada adalah makanan mentah yang cukup efektif membuat aroma napas lebih segar.

3. Permen Bebas Gula
Setiap makanan yang meningkatkan produksi air liur di dalam mulut bisa membantu mengurangi bau napas tak sedap. Permen dan permen karet bebas gula bisa Anda konsumsi setelah makan untuk menhilangkan bau mulut. Jika tidak terlalu suka permen, Anda bisa mengulum daun mint atau cengkeh.

4. Minum Lebih Banyak Air
Minum cukup air putih juga bisa mencegah timbulnya bau mulut. Minumlah air secara berkala, setiap satu atau dua jam sekali agar mulut selalu basah dan terhidrasi, sekaligus mencegah timbulnya bakteri penyebab bau mulut. Selain itu minum air putih juga menstimulasi produksi saliva yang membantu melawan bakteri penyebab aroma napas tak sedap.

5. Berkumur Air Garam
Air garam tidak hanya membantu meredakan tenggorokan yang sakit tapi juga menyingkirkan bakteri dari tenggorokan dan mulut yang menyebabkan bau. Berkumurlah dengan air garam selama lebih kurang 1-2 menit.
sumber : Wolipop

foto : infokesehatantubuh.com

iklan