komunikasi

Kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif sangat penting dalam hubungan, pendidikan, dan pekerjaan. Ada beberapa langkah yang kami paparkan di dalam 4 metode untuk membantu Anda mengembangkan kemampuan komunikasi secara bertahap, langkah demi langkah. Inilah metode pertama yang akan kami bagikan.

Metode 1 dari 4: Memahami Dasar-dasar Kemampuan Komunikasi

1. Mengetahui apa yang dimaksud dengan komunikasi. Komunikasi adalah proses mengirimkan sinyal/pesan antara pengirim dan penerima melalui berbagai macam metode (tulisan, isyarat nonverbal, dan lisan). Komunikasi juga merupakan mekanisme yang kita gunakan untuk membangun dan memodifikasi hubungan. Jadi sebagai langkah awal, kita harus paham apa itu komunikasi dengan benar, memahaminya bukan hanya dalam segi pengertian saja tetapi memahami pengertian itu dari setiap katanya.

2. Milikilah keberanian untuk mengatakan apa yang dipikirkan. Milikilah rasa percaya diri bahwa Anda dapat memberikan kontribusi yang berharga dalam percakapan. Luangkan waktu setiap hari untuk mengenali pendapat dan perasaan Anda sehingga Anda dapat menyampaikannya pada orang lain. Orang yang ragu untuk berbicara karena merasa pendapatnya tidak berharga tidak perlu takut. Sampaikan saja apa yang ada di pikiran anda, jangan pedulikan pendapat anda nantinya akan di anggap buruk atau baik yang terpenting anda sudah memiliki keberanian untuk menyampaikannya. Hal itu akan membuat lawan bicara anda merasa senang melakukan komunikasi dengan anda.

3. Berlatihlah. Latihlah kemampuan komunikasi anda terus menerus, jangan malu atau takut dalam melakukan komunikasi dengan orang yang mungkin baru pertama kali anda temui. Mengembangkan kemampuan komunikasi yang baik dimulai dengan interaksi yang sederhana. Kemampuan komunikasi bisa dilatih setiap hari baik baik untuk interaksi sosial hingga profesional. Kemampuan baru membutuhkan waktu untuk ditingkatkan. Namun, setiap kali Anda menggunakan kemampuan komunikasi, maka Anda akan membuka diri terhadap berbagai kesempatan dan hubungan di masa depan.

3 Langkah di atas adalah metode pertama dari 4 metodeĀ  yang bisa anda lakukan untuk memulai proses awal dalam berkomunikasi.

(KK)

iklan