ujian nasional3

Lepas dari status siswa SMA sehabis UN memang menjadi sesuatu yang membingungkan. Tidak heran, kedilemaan dan kegalauan menjadi aktivitas siswa yang memang belum mempunyai rencana dan target sebelumnya. Ada yang berencana melanjutkan studi ke universitas, ada yang ingin langsung bekerja dan ada juga yang ingin kursus keterampilan. Apapun yang menjadi pilihan kamu, alangkah baik dan bijak jika kamu memperhatikan beberapa hal penting berikut ini. Jangan sampai kamu salah melangkah yang pada akhirnya menimbulkan sebuah penyesalan. Yuk, kita simak….

1. Kenali Diri Sendiri

Caranya? Gunakan cermin sebagai wadah untuk mengenali dirimu. Saat bercermin, tentu kamu melihat pantulan diri kamu sendiri. Luangkan waktu memanfaatkan cermin untuk merenung, bertanya dan menjawab pada pantulan diri sudah sejauh mana kamu mengenali bakat, minat dan kemampuan diri. Dengan begitu, kamu akan tahu apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan kamu sehingga dapat meningkatkan kualitas diri. So, cermin bukan hanya untuk melihat polesan wajah dan penampilan saja. Tetapi dapat menjadi wadah untuk bisa melihat dan mengintrospeksi hati dan pikiran untuk menjadi lebih baik.

2. Menjalin komunikasi dan sosialisasi

Komunikasi memang sudah menjadi aspek terpenting dalam kehidupan. Untuk mencapai sesuatu yang kamu inginkan, kunci utamanya adalah komunikasi. Orang hebat bukanlah orang yang senantiasa mengandalkan dirinya sendiri, namun orang yang mampu menjalin komunikasi dan sosialisasi dengan keluarga, masyarakat dan lingkungan. Dengan semakin banyak berkomunikasi dan sosialisasi dapat mempermudah kamu untuk menentukan langkah kamu selanjutnya. Misalnya dengan berdiskusi.

3. Asah Kemampuan

Setelah kamu mengenali bakat, minat dan kemampuan, hal selanjutnya adalah mengasahnya. Ibarat pisau yang tumpul, bila sering diasah dan digunakan, maka akan menjadi pisau yang tajam. Sama halnya dengan kemampuan, semakin kamu mengenali, memahami dan mengaplikasikannya, maka kemampuanmu akan semakin terasah dan berkualitas. Kamu bisa mengikuti test psikologi dan tes kemampuan yang dapat meningkatkan kepercayaan diri.

4. Persiapkan Diri

Sebelum memutuskan kemana langkah kamu selanjutnya, persiapkan dirimu sematang mungkin. Dengan modal kemampuan yang telah terasah dengan baik dan kepercayaan akan kemampuan diri, maka kamu siap mengambil langkah selanjutnya untuk memutuskan apa yang menjadi pilihan kamu. Mungkin memutuskan untuk kuliah, kursus ataupun bekerja, semua butuh ‘persiapan’.

(By: PM)

iklan