3

Dalam rangka memperingati hari jadi Divisi Jurnalistik ROTASI yang ketiga tahun, ROTASI menggelar acara Peluncuran e-Magazine edisi ke-2 dan Seminar jurnalistik bertajuk “Jurnalistik dalam Media Online” yang diisi langsung oleh Pimpinan Redaksi Lampung Post Iskandar Zulkarnain, Selasa (29/12). Acara yang dilangsungkan di Aula Lantai 7 Gedung Rektorat ini juga dihadiri oleh Lembaga Pers Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Pers Mahasiswa Lampung.

Dalam sambutannya, Dekan FISIP Universitas Bandar Lampung, Dr. Yadi Lustiadi,M.Si mengucapkan selamat dan sukses untuk Divisi Jurnalistik Rotasi. “Selamat Hari jadi Rotasi yang ketiga tahun, Jangan cepat puas dengan apa yang telah dicapai, terus berkarya dengan selalu memberikan berita-berita yang positif dan inspiratif,” pesannya.

Acara Seminar membahas tentang media konvergensi dan jurnalisme warga oleh Iskandar Zulkarnain. “Di era digital ini, wartawan harus mampu menguasai teknologi agar dapat bekerja lebih efisien dalam mencari informasi. Wartawan multimedia harus terlatih menyajikan berita untuk media online, media print, radio, dan televisi. Karena di masa mendatang kemungkinan hanya sedikit wartawan yang aktif di sebuah media massa, dengan adanya jurnalisme warga yaitu peran warga dalam mengolah berita. Rotasi sebagai jurnalistik berbasis online harus bisa memberikan berita-berita yang terupdate sehingga dapat menarik minat para pembaca,”ujar Iskandar.

Pada sesi tanya jawab, Iskandar memberikan beberapa tips dan trik agar media massa dapat terus eksis. “Wartawan dituntut untuk kreatif dan bekerja cerda. Sebuah media massa dapat terus eksis dengan membuat majalah dengan edisi khusus, seperti majalah spesial mahasiswa baru,”papar Iskandar. Acara diakhiri dengan pengukuhan anggota baru ROTASI angkatan 2015 yang berjumlah 12 orang. (Rep: DR)

iklan