161417_620

Apa sih yang kita lakukan ketika melihat bawang putih di hiangan yang kita makan? Beberapa orang mungkin akan memisahkan irisan-irisan bawang putih itu ke sisi priring. Beberapa lainnya mungkin tidak peduli dengan keberadaan umbi putih itu dan memakannya secara tidak sengaja bersama makanan yang ada di piring. Nah, bersyukurlah bagi kalian yang mengkonsumsi bawang putih di dalam masakan yang kalian makan.

Selain sebagai bumbu pelengkap dalam setiap masakan, bawang putih juga dapat mencegah flu karena mengandung antioksidan yang dapat meningkatkan sistem imun di dalam tubuh. Beberapa penyakit berat seperti diabetes, jantung, kolesterol tinggi, masalah pencernaan, tekanan darah tinggi, dan sebagainya juga bisa dicegah dengan mengkonsumsi bawang putih secara rutin.

Tanaman yang memiliki nama ilmiah Allium Sativum ini diketahui dapat digunakan untuk keperluan kecantikan dan obat untuk kesehatan. Berdasarkan tulisan dalam situs READERDIGEST, manfaat-manfaat bawang putih tersebut adalah sebagai berikut:

 1. Menyuburkan rambut

Untuk kalian yang mengalami kerontokan rambut, bawang putih diketahui dapat mengatasi masalah tersebut. Dengan kandungan Allicin yang tinggi, bawang putih dipercaya efektif untuk mengatasi masalah rambut rontok. Gosokkan irisan siung bawang putih pada kulit kepala lalu pijat-pijat untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Bisa juga bawang putih ditambahkan minyak, lalu dipijatkan ke kepala.

2.Membersihkan jerawat

Mungkin tidak ditemukan sebagai bahan utama dalam obat jerawat yang ada di apotek, tetapi bawang putih merupakan obat alami yang mampu mengusir noda karena mengandung antioksidan yang dapat membunuh bakteri. Gosokkan satu irisan bawang putih pada jerawat di wajah perlahan-lahan. Gunakan secara rutin dan teratur.

3.  Atasi penyakit kulit

Karena telah terbukti memiliki khasiat anti radang, bawang putih berguna mengurangi terjangkitnya penyakit kulit. Coba olesi sedikit minyak bawang putih di area yang terinfeksi untuk hasil kulit yang lebih halus.

4. Mengontrol berat badan

Ahli gizi Cynthia Sass menyebutkan penelitian pada tikus yang makan bawang putih menunjukkan adanya pengurangan berat badan dan penyimpanan lemak. Cobalah untuk menambahkan bawang putih di setiap masakan untuk menghasilkan makanan yang lezat dan pinggang yang ramping.

5.  Menyembuhkan luka serpihan

Menempatkan sepotong bawang putih di atas luka serpihan kaca kemudian menutupinya dengan balutan perban merupakan obat tradisional yang telah lama digunakan oleh sebagian masyarakat. Para blogger meyakini akan hal tersebut sampai sekarang.

6. Mengobati kaki gatal

Dengan sifat anti-jamurnya, bawang putih dapat menjadi obat mujarab bagi atlet dan orang-orang yang gemar berolahraga untuk menghilangkan rasa gatal di kaki. Rendam kaki dalam bak berisi air hangat dan cincangan bawang putih.

7. Menjauhkan nyamuk

Salah satu penelitian di India menemukan bahwa orang-orang yang menggosokkan ramuan bawang putih di lengan dan kaki mereka, tidak terganggu oleh binatang penghisap darah tersebut. Buatlah larutan minyak bawang putih, minyak jeli dan lilin lebah atau tempakan satu siung bawang putih di tempat tertentu sebagai penangkal nyamuk.

8. Menyembuhkan sariawan

Menurut situs ECOSALON, bawang putih mengandung suplemen yang dapat membantu proses penyembuhan pada masalah sariawan. Dengan adanya sifat alami anti-inflamasi membantu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan.

9. Lem alami

Bawang putih mengandung bahan perekat alami yang berkualitas dimana banyak orang meyakini dan menggunakannya untuk memperbaiki keretakan pada benda kaca. Hancurkan beberapa cengkeh dan beberapa siung bawang putih kemudian oleskan bahan tersebut ke bagian yang akan direkatkan.

10. Melindungi tanaman

Hama tanaman tidak suka bawang putih. Gunakanlah pestisida alami yang terbuat dari bawang putih, minyak mineral, air, dan sabun cair. Tuang ke dalam wadah penyemprot dan semprotkan ke tanaman.

11. Banyak dapat ikan

Ikan sangat tertarik dengan aroma bawang putih yang ditautkan pada umpan. Jadi bagi kalian yang gemar memancing, bawang putih bisa membantu kalian mendapatkan ikan yang lebih banyak dari biasanya. (OV)

 

Sumber: www.tempo.co

iklan